Tingkatkan Kualitas SDM Program Bangga Kencana, Perwakilan BKKBN Jatim Launching Studio E-Learning

Tingkatkan Kualitas SDM Program Bangga Kencana, Perwakilan BKKBN Jatim Launching Studio E-Learning

Surabaya – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur meluncurkan studio dan Learning Management System (LMS) e-learning untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan pengembangan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di masa transisi new normal pandemi COVID-19.

Launching Studio E-Learning dilaksanakan sekaligus dengan Pembukaan Pelatihan Cegah Covid 19 Berbasis Keluarga Bagi PLKB. Acara digelar pada Selasa, 23 Juni 2020 di Bidang Latbang BKKBN Jawa Timur, Jalan Kalibokor Timur No. 1 Surabaya, dihadiri Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Kepala Pusdiklat KKB BKKBN, Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si, Kepala Bidang Latbang Sukamto, S.E., M.Si., para pejabat administrator, pengawas, dan fungsional BKKBN Jatim, dan para peserta pelatihan serta undangan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa studio e-learning akan menjadi pusat pelatihan di Jawa Timur untuk mendukung pelatihan program Bangga Kencana di masa transisi pandemi COVID-19 yang dilaksanakan melalui e-learning. Di masa mendatang inovasi ini akan terus dilakukan dalam rangka menghasilkan SDM PKB yang berkualitas untuk melakukan pelayanan program Bangga Kencana di lini lapangan. Beliau mengapresiasi inovasi yang merupakan terobosan Bidang Latbang dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM Bangga Kencana di Jawa Timur. Lebih jauh, studio dan platform e-learning merupakan langkah percepatan reformasi Birokrasi BKKBN dan peningkatan kapasitas ASN.

Selanjutnya Pak Teguh berpesan pada PLKB agar dapat mengedukasi masyarakat secara masif sehingga keluarga-keluarga Jawa Timur mematuhi protokol kesehatan pada transisi new normal pada masa pandemi Covid-19. Beliau berharap dengan diluncurkan platform dan studio e-learning akan berdampak pada pelayanan yang lebih baik sampai ke akar rumput.

Pada kesempatan yang sama, Widi A.N., S.S., M.Pd., widyaiswara Perwakilan BKKBN Jawa Timur juga memaparkan tentang studio e-learning. Studio e-learning adalah tempat untuk mengendalikan sistem, mengembangkan perangkat pelatihan, serta memantau proses belajar mengajar melalui pemanfaatan teknologi informasi. Studio ini mendukung dilaksanakannya pelatihan program Bangga Kencana yang difasilitasi melalui LMS e-learning. Dengan adanya studio dan LMS e-learning akan menghasilkan program-program pelatihan dan pengembangan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM Program Bangga Kencana Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Kapusdiklat KKB, Dr.Drs. Lalu Makripuddin menyambut baik dan mengucapkan selamat atas diluncurkannya studio e-learning yang merupakan satu-satunya di lingkungan BKKBN di seluruh Indonesia. Dalam sambutannya melalui zoom meeting, keberhasilan Jawa Timur membuat platform e-learning sendiri juga patut diapresiasi. Efisiensi anggaran dalam pelatihan e-learning dibandingkan pelatihan klasikal juga membuat pelatihan e-learning menjadi opsi pelatihan di masa depan. Beliau berpesan agar dalam pelatihan e-learning peserta harus mempunyai komitmen yang kuat agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Selanjutnya inovasi-inovasi yang lain sangat dinantikan karena dengan inovasi maka akan tercapai target Program Bangga Kencana di Jawa Timur. (Widi-Latbang)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *